Text
Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Kondisi umum pengajaran Bahasa Arab, banyak mengalami kendala yang mengarah pada rendahnya motivasi siswa dalam belajar, hal ini bila dibandingkan dengan belajar bahasa lain. Kemungkinan yang terjadi adalah pembelajaran Bahasa Arab selama ini menggunakan metode, pendekatan, dan strategi yang membosankan bagi siswa.
Mengajar pada hakikatnya bukanlah semata persoalan menceritakan sesuatu, begitu juga belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari penuangan informasi ke dalam benak seseorang, apalagi belajar bahasa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja orang yang belajar itu sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng.
Sebagai alternatif untuk merubah kondisi tersebut, "Strategi Active Learning" perlu dipertimbangkan kehadirannya dalam pembelajaran Bahasa Arab, agar menjadi pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan, di samping itu stategi ini memiliki sifat-sifat yang berupa aktifitas belajar yang berpusat pada siswa (student centered) sehingga dapat mendorong terciptanya kompetensi individu dan kelompok, baik melalui kompetisi maupun kerjasama (cooperative learning), dalam situasi belajar yang menyenangkan, sehingga siswa dengan mudah memiliki ketrampilan berbahasa.
S00817 | 492 UMI a | My Library | Tersedia |
S00818 | 492 UMI a | My Library | Tersedia |
S00819 | 492 UMI a | My Library | Tersedia |
S00820 | 492 UMI a | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain