Text
Manajemen Syari'ah
Perkembangan lembaga keuangan Syari'ah yang pesat (seperti perbankan syari'ah, asuransi syariah, pegadaian syari'ah dan sebagainya) adalah fenomena menarik bagi dunia perbankan dan keuangan. Munculnya lembaga-lembaga tersebut adalah sebagai upaya pemenuhan kebutuhan umat Islam dalam hal jasa keuangan, meskipun orientasi lembaga tersebut tidak hanya ditujukan pada umat Islam semata. Keuniversalan ajaran Islam, termasuk lembaga keuangan syari'ah juga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh umat non-Islam.
Buku ini membahas tentang implementasi Total Quality Management (TQM), (dalam bahasa Indonesia disebut Manajemen Mutu Terpadu (MMT)) dalam Lembaga Keuangan Syari'ah (LKS). Pembahasan ini menjadi penting, mengingat, pertama, persaingan industri perbankan dan keuangan saat ini tidak hanya didasarkan pada sentimen agama, tetapi lebih diarahkan pada mutu pelayanan (service quality). Kedua, Konsep TQM yang ada pada manajemen konvensional saat ini, setidaknya bisa ditemukan dalam ajaran Islam, baik yang bersumber dari al-Qur'an maupun As-Sunnah. Ketiga, pelayanan yang baik (terangkum dalam TQM) terhadap konsumen merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Islam, terutama para pelaku LKS.
Buku ini sangat bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa yang mempelajari ilmu ekonomi Islam. Segmen khusus buku ini adalah perguruan tinggi yang mengajarkan ilmu ekonomi Islam, meskipun tidak menutup kemungkinan bagi siapa pun yang berminat tentang ekonomi Islam.
S01521 | 658 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain