Text
Evaluasi pendidikan
Membicarakan tentang penilaian pendidikan, memberikan kesan bahwa sebenarnya sampai saat ini masih sering terdapat kesalahan pendapat mengenai fungsi penilaian hasil belajar tersebut. Bentuk kesalahan atau kekeliruan pendapat antara lain: menganggap bahwa fungsi penilaian hasil belajar semata-mata sebagai mekanisme guna menyeleksi calon dalam rangka penerimaan murid baru, menyeleksi murid dalam kenaikan kelas atau penyeleksian kelulusan murid dalam akhir program pendidikan tertentu.
Padahal, sebenarnya fungsi penilaian itu sebagaimana dikemukakan oleh Hopkins dan Stanley bukan sekedar menyeleksi atau mengklasifikasi, melainkan juga sebagai sarana untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan murid secara maksimal. Dengan kata lain penilaian hasil belajar tidak hanya merupakan suatu proses untuk mengklasifikasi keberhasilan dan kegagalan murid dalam proses belajar mengajar melainkan juga untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi program pengajaran.
Hadirnya buku ini layak menjadi rujukan sebagai petunjuk praktis bagi para guru dalam melaksanakan Evaluasi Pendidikan dan bagi mahasiswa pada jurusan/program studi pendidikan sebagai calon guru untuk mempelajari lebih lanjut matakuliah Evaluasi Pendidikan.
S00840 | 371.26 MUL e | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain