Ebook
Meluang Usaha Produk Halal Dipasar Global
Permintaan terhadap produk halal di pasar global menunjukkan suatu peningkatan, khususnya dalam beberapa tahun terakhir ini. Indonesia, dengan mayoritas penduduk beragama Islam, merupakan pasar yang diminati oleh para penyedia produk halal. Namun sangatlah ironis kiranya, bila pemenuhan produk halal ini, akhirnya lebih banyak dipenuhi oleh Negara-negara Non Muslim (minoritas Muslim). Sejauhmana Indonesia mengantisipasi peluang pasar global terhadap produk halal ini, kiranya perlu untuk dikaji. Di sisi lain, perilaku konsumen Muslim dalam konsumsi makanan sangatlah bervariasi. Walaupun agama diakui telah menjadi pedoman utama (pengontrol) dalam perilaku seseorang, termasuk perilaku konsumsi makanan, banyak faktor lain yang turut mempengaruhinya. Sejauh mana komunitas Muslim Indonesia mempertimbangkan kehalalan makanan yang dikonsumsinya dan apa yang menjadi kriteria kehalalan suatu produk belumlah diketahui. Sepanjang pengetahuan peneliti, studi tentang perilaku konsumen Muslim Indonesia terhadap makanan halal ini belum banyak yang melakukan, padahal pengetahuan tentang hal tersebut sangatlah diperlukan untuk menjadi acuan bagi pengembangan usaha produk hlal dalam pemenuhan permintaan pasar domestik dan menuju peluang pasar global yang kini tengah digarap oleh negara-negara lain.
EB00244 | 297.39 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain